KIRAB SIWUR

girirejo_administrator 04 Oktober 2018 09:53:01 WIB

KIRAB SIWUR sudah menjadi agenda tahunan yang dilaksanakan oleh pemerintah Kecamatan Imogiri kerjasama dengan Forum Cinta Budaya (FORCIB). Kirab Siwur adalah serangkain kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka nguras enceh di makam raja-raja Pajimatan Imogiri. Nguras enceh dilaksakan dalam kurun waktu satu tahun sekali yaitu di bulan Suro (Muharram) tepatnyaDan untuk memeriahkan pada hari Selasa Kliwon atau Jumat Kliwon di bulan Suro. Rangkaian Nguras Enceh diawali dengan kirab siwur yang diadakan satu hari sebelumnya yaitu pengambilan siwur di kabupaten Puroloyo.

 Senin, 1 Oktober 2018 jam 14.00 dilaksanakan yang diikuti oleh seluruh desa di wilayah Imogiri dengan menampilkan Bregodo dan mengarak Gunungan hasil Bumi. terlebih dahulu diadakan upacara di halaman Kecamatan Imogiri. selanjutnya kirab bregodo dan gunungan. Dengan finis di terminal makam-makam raja Imogiri. selanjutnya diadakan rayahan gunungan hasil dari 8 desa di imogiri.

Pemerintah desa Girirejo ikut berpartisipasi dengan mengikuti kirab bregodo dan mengarak satu gunungan yang merupakan hasil olahan pangan masyarakat desa Giriejo. Bregodo "GIRI NOTO" anggotanya dari linmas desa Giriejo yang jumlahnya 30 orang. Pemusik dari pemuda beserta pamong staf dan BPD. Kegiatan ini didanai oleh APBDes yang digunakan untuk belanja makan dan minum peserta kirab. Belanja  Honor Pelatih, belanja honor Tim Pelaksanan Kegiatan, dan belanja honor anggota Bregoda serta pemusik. Belanja untuk bahan gunungan, Sewa pakaian dan rias.

 

 

 

Komentar atas KIRAB SIWUR

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License