GAMBARAN DESA GIRIREJO

girirejo_administrator 15 November 2017 10:54:36 WIB

Desa Girirejo merupakan desa yang terletak di kecamatan imogiri kabupaten bantul daerah istimewa yogyakarta. yang mempunyai luas sekitar 32Ha. berbatasan dengan Desa Wukirsari, Desa Karang Talun, Desa Karang Tengan dan Desa Mangunan. Desa Girirejo terbagi menjadi 5 (lima) Pedukuhan yaitu : Pedukuhan Dronco, Pedukuhan Tegalrejo, Pedukuhan Banyusumurup, Pedukuhan Kradenan dan Pedukuhan Pajimatan yang terbagi dalam 9 (sembilan) pokgiat LPMD. diDesa Girirejo terdapat makam yang sangat terkenal yaitu makam Raja-Raja Mataram. makam tersebut terletak di Dusun pajimatan. selain makam raja-raja mataram di desa Girirejo juga terdapat makan pangeran Pekik dan makam Kanjeng Ratu Amangkurat, makam tersebut berada di Dusun Banyusumurup.

Selain wisata realigi, Desa Girirejo juga mempunyai wisata Kerajinan antara lain adalah Kerajinan keris yang sudah kondang yaitu di dusun Banyusumurup. Di Dusun tersebut warga masyarakatnya bekerja sebagai pengrajin, baik pengrajin keris ataupun asesoris keris. selain kerajinan keris di desa girirejo juga terdapat kerajinan batik, yaitu di dusun payaman utara. desa girirejo juga mempunyai beberapa kesenian tradisional yang merupakan warisan dari sesepuh yaman dahulu, diantaranya adalah : Jathilan tradisional di dusun Dronco dan Tegalrejo, Doger di dusun Gejayan, Sholawatan di dusun Banyusumurup, Laras madyo di dusun Dronco, Hadroh di dusun tegalrejo.

Komentar atas GAMBARAN DESA GIRIREJO

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License