PEMASARAN PRODUK LOKAL UNGGULAN JOGJA DI GIRIREJO

RESA MEGA 21 Juli 2023 10:02:55 WIB

Lapangan Kalurahan Girirejo, 1–2 Juli 2023

 

Pada tanggal 1 dan 2 Juli 2023, Dinas Koperasi dan UKM Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), melalui SiBakul Jogja, menyelenggarakan acara Pemasaran Produk Lokal Unggulan Jogja yang bertempat di Lapangan Kalurahan Girirejo, Imogiri, Bantul. SiBakul Jogja (Sistem Informasi Pembinaan Koperasi dan UKM) merupakan program yang dicanangkan untuk mengembangkan potensi UMKM di Provinsi DIY. Acara Pemasaran Produk Lokal Unggulan Jogja di Girirejo hadir sebagai bentuk pengemasan, pengenalan, sekaligus pemasaran produk-produk lokal setempat. Acara ini turut dihadiri oleh berbagai pihak, yakni Ibu Yuli Purwanti selaku Lurah Girirejo, Bapak Drs. H. Suwardi selaku Anggota Komisi B DPRD DIY, pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Girirejo, dan masyarakat setempat.

 

Terdapat sekurangnya 20 tenant UMKM yang berpartisipasi dalam acara Pemasaran Produk Lokal Unggulan Jogja ini. Menurut Ibu Waljinah, Ketua Desa Prima Girirejo, seluruh tenant sebelumnya telah mengikuti proses pendaftaran dan penjaringan untuk dapat mengikuti acara tersebut. Produk yang dipasarkan oleh berbagai tenant UMKM juga cukup beragam, mulai dari produk kerajinan hingga makanan dan minuman khas Girirejo. Sebagai salah satu pelaku UMKM di Kalurahan Girirejo, Ibu Ristianti mengaku merasa antusias untuk mengikuti acara pameran yang diinisiasi oleh Dinas Koperasi dan UKM DIY ini karena dapat mengenalkan produknya kepada pengunjung pameran.

 

Berlangsung selama dua hari, terdapat berbagai rangkaian yang turut meramaikan jalannya acara pameran. Untuk membuka pameran pada hari pertama, Ibu Yuli, Lurah Kalurahan Girirejo, menyampaikan bahwa acara ini merupakan awal yang baik bagi keberlanjutan Desa Prima, Desa Preneur, Desa Budaya, dan Desa Wisata di Kalurahan Girirejo. Kesempatan ini juga dimanfaatkan oleh Ibu Yuli untuk meminta doa restu dari warga sekitar agar Kalurahan Girirejo dapat segera memiliki predikat ‘Desa Mandiri Budaya’ pada awal tahun 2024 yang akan datang. Acara ini turut dimeriahkan dengan penampilan kesenian jatilan dari Doger Macan Gembong, paguyuban seni asal Girirejo. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Drs. H. Suwardi, Anggota Komisi B DRPD DIY yang sekaligus menutup rangkaian acara pada hari itu

 

Kemeriahan acara Pemasaran Produk Lokal Unggulan Jogja hari kedua diawali dengan sesi senam bersama masyarakat Girirejo. Setelah selesai, acara dilanjutkan dengan pertunjukan musik dangdut dan pembagian doorprize. Harapannya, acara ini tak hanya hadir sebagai ajang untuk memajukan potensi UMKM Girirejo, tetapi juga memperkenalkan potensi budaya dan wisata yang dimiliki Girirejo untuk dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas.

 

Penulis : Abygail Hendra Praditya

Komentar atas PEMASARAN PRODUK LOKAL UNGGULAN JOGJA DI GIRIREJO

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License