BIMBINGAN KEARSIPAN

RESA MEGA 15 November 2021 09:45:20 WIB

Pada hari Sabtu tanggal 13 November 2021 pukul 08.30 WIB diadakan kegiatan Bimbingan Kearsipan di Gedung Prasada Serba Aguna Kantor Lurah Girirejo ibu Dwi Yuli Purwanti, SH. Unsur yang terlibat dalam Bimbingan Kearsipan tersebut diantaranya sebagai berikut, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Bantul sebagai Narasumber, Lurah Girirejo, Pamong Kalurahan Girirejo, Bamuskal Kalurahan Girirejo, dan Lembaga se-Kalurahan Girirejo. Materi Pertama disampaikan oleh bapak Burhanudin Kurniawan A.Md, beliau menjelaskan tentang bagaimana tata kelola penyimpanan arsip aktif. Arsip aktif yaitu arsip tahun ini atau arsip yang masih sering digunakan. Penyimpanan arsip aktif dimasukkan dalam filing cabinet. Dalam filing cabinet ditaruh dalam map gantung. Map gantung diberi sekat sesuai dengan nomor permasalahan arsip. Didepan map penyimpanan diberi daftar arsip untuk mempermudah pencarian arsip.
Materi kedua disampaikan oleh Bapak Lintang Karmayoga S.IP, Bapak Lintang menjelakan tentang arsip in aktif. Atau arsip yang sudah jarang digunakan. Arsip in aktif adalah arsip dari tahun kemarin yang sudah dikeluarkan dari filing cabinet dan dimasukkan dalam box arsip. Dijelaskan juga tata cara dan urutan penyimpanan arsip in aktif mulai dari pengemasan dengan cover arsip sampai dengan penyimpanan dalam rak arsip. Untuk arsip in aktif yang sangat penting disimpan dalam brankas besi.

 

Dokumen Lampiran :


Komentar atas BIMBINGAN KEARSIPAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License